Apakah Anak Kecil Boleh Minum Kopi?

Kelezatan kopi menjadi minuman favorit banyak orang. Tak jarang anak pun mempunyai keinginan untuk mencobanya karena sering melihat orang tua mereka mengonsumsi minuman berkafein tersebut.

Kopi hangat maupun dingin yang dicampur es batu memang punya tempat tersendiri bagi penggemarnya. Begitu pula dengan anak-anak yang punya rasa ingin tahu tinggi. Sebagai orang tua apakah pernah mendapati si kecil ingin mencicipi kopi?

Kopi merupakan minuman dengan kafein tinggi yang umumnya ditemukan di Indonesia dan kerap dikonsumsi sehari-hari oleh orang dewasa. Namun bagaimana dengan anak-anak? Kapan anak boleh minum kopi?

 

Waktu Tepat Anak Boleh Minum Kopi

Sebenarnya tidak ada batasan usia yang tepat bagi anak untuk mulai mengonsumsi kopi. Namun di sarankan dengan usia dibawah 10 tahun sebaiknya menghindari kopi. Sementara anak remaja boleh mengonsumsi kopi dalam jumlah terbatas.

Kandungan kafein dalam kopi merupakan stimulan yang dapat mempengaruhi sistem saraf pusat anak-anak, Seperti halnya orang dewasa.  Anak-anak lebih sensitif bahkan terhadap kafein dalam dosis kecil karena ukuran tubuh mereka yang lebih kecil.

Anak-anak yang rutin mengonsumsi kopi dikhwatirkan dapat mengalami beberapa efek samping dari kafein. Anak-anak dapat mengalami peningkatan kewaspadaan dan peningkatan energi karena stimulisasi, peningkatan produksi urine, hingga peningkatan pelepasan asam pada lambung.

Kopi juga dapat menyebabkan kemungkinan ganguan penyerapan kalsium pada anak. Sehingga anak-anak rentan mengalami kerusakan gigi dan pengeroposan tulang sejak dini.

Kandungan kafein yang tinggi dalam kopi juga bisa menyebabkan peningkatan tekanan detak jantung pada anak, serta kandungan gula dapat meningkatkan resiko obesitas di kemudian hari.

Semua efek samping yang ditimbulkan kopi dapat membahayakan kesehatan pada anak yang sedang berada dimasa pertumbuhan.

Namun bukan berarti anak tidak boleh mengonsumsi kopi sama sekali. Anak boleh saja mencicipi kopi tapi baiknya orang tua menunda pemberian kopi setidaknya sampai usia diatas 12 tahun.

Pada usia tersebut, tubuh anak sudah mampu menoleransi kandungan kafein di dalam kopi. Meski demikian, orang tua perlu memperhatikan jumlah kopi yang dikonsumsi anak. Bila orang dewasa dapat menoleransi sebanyak 200-300 mg kafein perhari atau setara dengan 1,5 cangkir kopi, maka sebaiknya pada anak diatas 12 tahun berikan setengahnya.

 

Tinggalkan komentar