Cara Membuat Website Untuk Pemula [Terbaru]

Website adalah kumpulan halaman dalam suatu domain yang memuat berbagai informasi agar dapat dibaca dan dilihat oleh pengguna internet melalui sebuah mesin pencari. Informasi yang dapat dimuat sebuah website umumnya mengenai konten gambar, ilustrasi, video dan teks untuk berbagai macam kepentingan.

Biasanya untuk tampilan awal sebuah website dapat diakses melalui halaman utama yang disebut (homepage) yang dapat diakses dengan menuliskan URL (alamat website) yang tepat melalui browser.

Saat ini website hampir selalu ada dalam aspek kehidupan setiap orang. Jika kalian ingin membuat website bisa ikuti panduan berikut ini:

  1. Tentukan tipe website.
  2. Pilih layanan web hosting.
  3. Cari nama domain.
  4. Pilih platform dan mulai buat website.
  5. Sesuaikan dan optimasi website.

 

1. Tentukan Tipe Website

Menentukan Tipe Website adalah hal pertama yang harus dilakukan. Tujuan untuk apa website akan digunakan, misalnya Toko Online, Blog, Forum, Portofolio, atau website berita.

 

2. Pilih Layanan Web Hosting

Ada banyak sekali jasa layanan web hosting di indonesia. Mulai dari yang gratisan sampai premium hosting. Tentunya harga tidak pernah bohong, biasanya semakin mahal maka semakin bagus juga kualitas dan juga pelayanan nya.

Jangan tergiur harga murah jika tidak ingin website yang dibangun untuk sebuah bisnis tiba-tiba ngadat ditengah jalan. Pilihlah layanan web hosting yang sudah lama beroperasi dan punya ratting baik.

 

3. Cari Nama Domain

Domain bagian penting dari sebuah website. Jika di ibaratkan rumah, domain adalah alamat rumah itu sendiri. Pada dasarnya alamat website berupa ip address yang susah di ingat, oleh karena itu diperlukan domain untuk memudahkan pengunjung mengakses website.

Tentukan nama domain yang unik dan mudah di ingat, usahakan tidak terlalu panjang dan tidak mengandung angka ( hanya huruf ).

 

4. Pilih platform dan mulai buat website

Banyak sekali flatform CMS yang bisa digunakan untuk kebutuhan pembuatan website. Tapi yang paling populer dan banyak digunakan adalah WordPress.

WordPress merupakan Content Management Sistem terbaik saat ini. Dengan WordPress kalian bisa berkreasi membuat website tipe apa saja disana dengan dukungan Tema dan plugin.

Menggunakan WordPress.org wajib membeli domain dan hosting, berbeda dengan blogger.com.

Jika kalian membuat website dengan tujuan blog, blogger.com menyediakan hosting dan domain blogspot secara gratis. Tapi jika tidak mau menggunakan subdomain.blogspot.com bisa juga di custom domain sesuai dengan keinginan.

Blogger.com menyediakan penyimpanan gratis yang menjadi satu dengan google drive karena blogger.com flatform resmi milik google.

 

5. Sesuaikan dan optimasi website

Jika membahas tentang optimasi website tidak akan ada habisnya karena google sebagai penyedia layanan search engine terbesar saat ini tidak berhenti mengupdate algoritma nya.

Fitur pencarian pada mesin pencari google menjadi jembatan agar pengunjung menemukan website melalui keyword yang ditulis mereka.

Tugas pemilik website membuat artikel yang isinya bisa sesuai dengan apa yang pengunjung ingin cari.

Tidak berhenti disitu, ada banyak kompetitor pembuat konten yang ingin berada di urutan nomor 1 mesin pencari google. Tidak heran jika konten yang dibuat susah payah berada di halaman nomor 10 dan berada paling bawah :).

Buat artikel yang bermanfaat , konsisten dan bukan hasil copas. Karena google suka dengan orang rajin, konsisten dan tidak copy paste.

Google tidak segan-segan menghapus website dari mesin pencari jika terbukti melanggar peraturan mereka. Dampak nya website tidak akan muncul di mesin pencari google.

 

Itulah tutorial cara membuat website untuk pemula, terimakasih semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar