Pinjaman Online Solusi Saat Butuh Dana Darurat?

Setiap orang pasti menginginkan kondisi finansial yang stabil hingga hari tua. Selain menabung dan investasi, dana darurat juga penting untuk persiapan keuangan dimasa depan.

Seperti namanya, dana darurat merupakan anggaran yang dipersiapkan untuk keperluan darurat seperti sakit, terkena PHK dan lainnya. Ketika menghadapi situasi tersebut, dana darurat yang menjadi penolong afar cash flow bulanan tidak berantakan selama beberapa bulan kedepan.

Dana darurat setidaknya minimal berjumlah 3-6 kali dari pengeluaran bulanan. Sementara itu, untuk yang sudah menikah, dana darurat yang dibutuhkan lebih besar 2 kali lipat.

Pada saat kocek tidak memadai, namun tiba-tiba harus menghadapi adanya pengeluaran tidak terduga sebenarnya pinjaman online bisa jadi solusi untuk memenuhi kebutuhan sekaligus menjaga kesetabilan keuangan.

Namun kemudahan mendapatkan pinjaman online membuat banyak orang terlena. Akhirnya banyak kasus yang justru semakin kesulitan akibat terlilit hutang karena mengajukan pinjaman online tanpa ada perhitungan.

Idealnya total pinjaman yang aman yaitu 30% dari penghasilan bulanan. Misal gaji bulanan 10jt maka Rp 10.000.000 x 30% = Rp.3.000.000.

Jika lebih dari itu dikhwatirkan akan kesulitan dalam menyetor angsuran tepat waktu, bahkan mempengaruhi keuangan keluarga.

Baca dengan seksama kontrak perjanjian ketika pinjaman disetujui dan komitmen melunasinya tepat waktu agar tidak terkena denda. Dan jangan lupa menghitung, agar bisa menyesuaikan besaran angsuran dengan penghasilan bulanan.

Memilih layanan pinjaman online yang legal dan bereputasi baik. Apalagi kini marak pinjol ilegal yang mengintai masyarakat.

Pinjol ilegal biasanya memanfaatkan kondisi orang yang sedang membutuhkan uang dalam waktu cepat. Memberi iming-iming menggiurkan. Pinjol ilegal justru akan membebankan bunga dan denda lebih tinggi dengan perhitungan tidak transparan, hingga tidak segan melakukan ancaman dengan menyebarkan data pribadi nasabah saat penagihan.

Setelah memutuskan pengajuan pinjaman, kita harus memikirkan biaya bunga yang harus dibayarkan saat pengembalian pinjaman.

Tinggalkan komentar